Gembus… Nan Maknyuuus Makanan Khas Cilacap


Infodaharan- Gembus.. terkadang pingim ketawa sendiri kalo mendengar kata gembus.. gimana tidak …dulu , sering dengar kalo bilangin anak cewe kecil.. ituu tu mumbusnya /gembusnya kelihatan…? hehehe… ga perlu di jelasin lebih lanjut yaa.

14276648_289016698135918_1372689421_n

Gembus adalah salah satu makanan tradisional khas Cilacap. Bentuknya unik seperti donat putih, rasanya gurih, renyah dan empuk saat panas dan sedikit kenyal atau alot tatkala sudah mulai dingin. Gembus cocok disantap saat masih panas, lebih enak lagi bila dicocol dengan sambal pecel  atau dengan sambal Sauce ( Saos). Terlebih disaat udara sedang dingin. heeem jadi dingin dingin anget,menyul menyul, empuk mak nyuus, biasanya gembus cocoknya di makan bersama pecel, pecel di cilacap beda sama pecel di tempat lain, misalnya di Jakarta, Pecel Lele,atau pecel ayam itu bukan pecel seperti di Cilacap yang terbuat dari sayuran, di lain kesempatan nanti infodaharan mau bahas tentang pecel atau lotek khas cilacap.

Pada jaman dahulu gembus biasanya bisa di dapat di saat ada tontonan misalnya wayang kulit,calung, dan lain-lain, pasti ada tuh yang jualan gembus. tetapi sekarang sudah banyak yang jualan gembus terutama pada menjelang malam hari, tukang gembus baru berjualan. dan sebagian orang berjualan gembus sudah menjadi pencaharian sehari-hari.

Sekarang juga Gembus sudah ada di sebagian menu pada orang hajatan yg di sandingkan dengan Pecel dan Mendoan.. heem pasti sahabat Infodaharan jadi ngilerr niiih, naah pingin cobaiin gembus kaan, heeeem tapi jauuh yaaa. ya sudah jalan jalan ke Cilacap aja, sekalian wisata.. di Cilacap banyak banget tempat wisata yg asyik lho.

Tapi kalo belum sempat dan sudah kepingin mencoba membuat gembus sendiri, Infodaharan akan kasih Rahasia resep cara membuatnya sendiri maukann berikut yaaa:

Bahan-bahan

25 porsi
2 kg Singkong
  1. 1/2 sendok teh Garam

Langkah-langkah membuat GEMBUS.

  • Kupas singkong lalu cuci, kemudian parut atau di giling pake mesin di tukang giling, dan peras airnya, ambil kurang lebih 800 gram kemudian sisihkan ( Aku pernah nanya sam penjual gembus singkong seperti apa yg enak buat bikin gembus, ternyata katanya singkong yg rasanya pahit palahanm seperti singkong karet atau singkong Kastepe)

  • Taruh air perasan dalam wadah dan endapkan

  • Buang air perasan dan ambil endapannya saja. (endapan=pathi atau aci)

  • Campur singkong parut yang sudah diperas tadi bersama pathi, garam, aduk rata

  • Jadikan adonan tadi hingga menjadi butiran-butiran kecil dan kukus 30 menit sampai matang

  • Angkat dari kukusan dan tumbuk sampai halus

  • Ambil bahan gembus yang sudah ditumbuk, lalu letakkan dalam wadah datar yang sudah dialasi plastik, tekan-tekan dengan tangan dan ratakan

  • Dinginkan dan potong-potong memanjang sambil ditaburi tepung tapioka agar tidak lengket.
    Ukuran panjang yang saya pakai 18 cm dengan ketebalan 1,5 cm

  • Bentuk bulat dengan merekatkan kedua ujungnya, tetap taburi tepung tapioka agar tidak lengket satu dengan lainnya. Gembus mentah siap digoreng atau bisa juga disimpan untuk beberapa hari

  • Goreng gembus dalam minyak panas sampai matang. Gembus siap dinikmati.

    Tips : Gembus dibuat tanpa menambahkan air, gembus mentah bisa tahan sampai 3 hari di ruang terbuka. kalo di masukkan kulkas bisa lebih lama.

    Kalo pingi rasa yang verbeda misalnya rasa Coklat, duren, keju atau Rasa Apa Sahabat Infodaharan bisa menambahkan perasa tersebut saat penumbukan, tetapi yg kita lihat penjual-penjual gembus belum ada yg berinovasi menambahkan rasa lain selain rasa original, mungkin ini sebagai inovasi perlu di coba dengan rasa yg berbeda. selamat mencoba dan jangan lupa kalo sudah buat kirimi infodaharanyaa friend. @Hb infd

  •  

    Iklan

    Satu pemikiran pada “Gembus… Nan Maknyuuus Makanan Khas Cilacap

    1. Catatan Tambahan: untuk hasil terbaik saat menggoreng gembus.. usahakan minyak jangan terlalau panas.. karena kalo minyak terlalau panas.. hasilnya kurang maksimal kurang mengembang dan kurang kenyal,,,,

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

    Connecting to %s