Getuk Goreng Khas Banyumas (Sokaraja)


Infodaharan- Getuk ( Digeget karo mantuk-mantuk) itu paribasan Jawa, artinya di gigit sambil manggut-manggut, mungkin ini saking asyik dan nikmatnya, ngomongin makanan getuk  banyak sekali macam atau variannya tergantung dari khas mana, kali ini info daharan mau ngomongin getuk goreng sokaraja.

Kalo kebetulan lagi jalan-jalan ke daerah banyumas pasti di pinggir jalan raya banyak penjual getuk goreng, atau kalo pas melewati  daerah BUNTU, banyumas, di situ banyak sekali di pinggir jalan jalam raya toko-toko getuk goreng,

Waktu itu saya pas melewati buntu eeh banyak sekali penjual getuk goreng, soto sokaraja, mendoan, karena penasaran maka saya berhenti untuk melihat sekaligus mencicipi rasa dari getuk goreng. sekalian beli buat oleh, oleh.

Dari sekian banyaknya toko pas saya berhenti,toko yang beruntung pas di depan toko nama Tokonya UBI SARI, ko beruntung ya iya.. kan sudah di beli.. terus di photo di masukin blog, aku sudah izin ko ke Ibunya bu nanti akan ane publikasikan di blog ya bu.. ibunye mesem-mesem doang kayanya sih ga ngerti blog… itu apa. win ben ae lah.

Jpeg

Di situ berjajar bergeletakan ga pake baju dan celana, getuk goreng yang di taruh atau di pajang di tampah di dalam lemari kaca, rasanyapun bermacam macam, ada rasa original gula merah, rasa nangka, rasa durian, dll.

Waktu aku tanya getuk itu dari mana asalnya berikut penjelasannya dari penjualanya:

Jpeg

Ini penampakan si penjual Getuk Goreng, kalo sudah mencicipi tukreng tapi belum tahu sejarahnya kayanya kurang lengkap deh, nah info daharan mau jelasin niih asalnya atau sejarahnya tukreng Sokaraja:

Getuk Goreng Soka Raja merupakan salah satu makanan khas Banyumas selain Mendoan dan Nopia,

Foto Getuk Goreng Asli Sokaraja
Getuk Goreng Sokaraja

Sedikit cerita sejarah penting tentang getuk goreng.
Getuk goreng ditemukan pada tahun 1918 secara tidak sengaja oleh bapak Sanpringad, seorang penjual nasi rames keliling di daerah Sokaraja. Getuk basah adalah salah satu daganganya. Pada saat itu getuk yang di jual tidak laku-laku, sehingga beliau mencoba agar getuk tersebut bisa di konsumsi kembali dengan cara menggorengnya dari pada di buang atau buat makan ayam.  Ternyata inovasi Pak Pringad getuk goreng ini sangatlah digemari oleh para pembeli. dan akhirnya jadi terkenal dengan nama Getuk Goreng Sokaraja,  getuk goreng yang saat ini d jual bukanlah makanan yang tidak lagi terjual atau makanan sisa melainkan getuk yang sengaja di buat untuk  dijual.

Karena banyaknya penggemarnya, getuk goreng kini hadir dalam beberapa macam varian rasa yang menggoda selera. Jika awalnya getuk goreng hanya memiliki rasa original dari gula jawa. Getuk goreng kini memiliki atau tersaji menjadi beberapa macam varian rasa, dari rasa durian, rasa coklat, rasa nangka, rasa nanas dan lain sebagainya. Dengan banyaknya variasai rasa membuat kita menjadi lebih ketagihan untuk menikmatinya.

mau mencobanya…. , kalo pembaca infodaharan mau mencoba tapi ko jauuh ya .. baiklah Infodaharan akan kasih tahu rahasia resep atau cara membuatnya sendiri getuk goreng, biar para pembaca tidak usah jauh jauh dan bisa langsung makan tukreng, ini resepnya:

– Sediakan 180 gram gula merah yang sudah di haluskan atau bisa juga dengan di iris
– Sediakan 50 gram tepung beras
– Sediakan 750 gram singkong
– Sediakan 1 sdm tepung terigu
– Sediakan 1/2 sdt garam
– Sediakan minyak secukup nya untuk menggoreng

Cara membuat getuk goreng sokaraja yang enak
1. yang pertama larutkan gula merah besama dengan sedikit air
2. masak hingga gula tercampur dan hingga rata setelah itu
3. kukus singkong atau juga bisa di rebus hingga matang
4. selagi hangat lumatkan singkong, lalu tuangkan saja larutan gula merahnya
sedikit-sedikit dan sambil terus di aduk dengan rata
5. kemudian letakan saja adonan singkong ke dalam loyang dan ratakan kira-kira tebal nya mencapai (2 cm) lalu iris dengan berbentuk  potonagan ukuran nya 5×4 cm dan segera lahsisih kan
6. kemudian campurkan dengan tepung beras dan tepung terigu di tambah dengan garam lalu di beri air secukupnya
7. aduk hingga membentuk adonan yang kental
8. setelah itu panaskan dulu minyak goreng nya lalu ambil sepotong  getuk lalu masukan kedalam adonan tepung
9. dan goreng getuk hingga berubah warna hingga kuning kecoklatan angkat dan segera sisihkan

Kalo mau rasa yg berbeda mau rasa Durian atau apa saja tinggal tambahkan , Durian atau apa saja saat mengaduk atau melumatkan singkong:

Selamat mencoba, kalo nanti pembaca membuat jangan lupa yaa , ane di bagi.. thanks @hb

 

Iklan

3 pemikiran pada “Getuk Goreng Khas Banyumas (Sokaraja)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s