Makan AMONG-AMONG siapa yang masih inget makan bersama masa- kecil..?


Makan AMONG-AMONG  siap yang masih inget makan bersama masal kecil..?

Infodaharan- Among-Among mendenganr kata ini langsung  menggugah kembali kenangan puluhan tahun yg silam di masa kecil di tahun 70-80 an, tradisi among-among di Jawa Tengah di daeah Cilacap, sudah hampir musnah, saya udah tidak melihat lagi, tradisi ini, Tradisi makan among-among ini sebenernya dulu sebagai rasa kasih sayang orang tua

among-among-1

kepada anaknya, dan rasa syukur atas di berikan kesehatan pada anaknya dalam waktu biasanya selapan dina, atau weton lahirnya.. anaknya. Among among adalah makan bersama yg mana makananya di taurh di Tampah,

tampah-500x375.jpg

atau nyiru kalo gasalah, Tampahnya di Taruh di atas baskom besar dan baskom besarnya di kasih air dan daun TAWA,

dscn9423

airnya itu nantinya buat cuci tangan yg mau makan, tampah yang terbuat dari anyaman bambu di kasih alas daun pisang nasinya di  gelar merata. Dan di kasih sayur, Kluban.. kalo nama kerennya sekarang Urap, nah asyiknya lagi jaman dahulu itu pake telor rebus atau telor asin, tapi jangan mebayangkan setiap anak kebagian 1 telor pada jaman dahul 1 telor itu bisa di bagi menjadi 6 bagian dan di bagi-bagi, yah maklum jaman dahulu di kampung telor salah satu makanan yg mewah dan mahal, padahal di setiap rumah hampir semuanya memelihara ayam, tapi anehnya ayam jarang di potong  kalo tidak lebaran, telor tidak di rebus kalo tidak makan among-among,

Heeeeem…. kalo sekarang… jangankan begitu.. anak sekarang di suruh makan. aja.. susah… padahal makannya sudah pake.. ayam.. daging, Sisis, Nuget, .. tapi kalo jaman dahulu,, anak anak  menuggu makanan.. sampe .. laper banget.. dan simbok saya dulu.. suka bilang sana main dulu nanti kalo sudah matang di kentongin.. hehehe padahal makannya juga paling pake sayur kangkung yg di tanam di pinggir sawah, palahan kalo ga nyayur makannya pake Jelanth di kasih garam, nasinya anget… heeem sedap bener.

Nah .. sobat infodaharan.. demikian ceritanya makan among among.. pasti sobat ada yg senyum senyum sendiri ingat masa kecil suka berebut makan among-among.. benerr yaaa. By@hb

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s