Sudah Sarapan Pagi Belum (Ayo sarapan biar tetap sehat)


Infodaharan: Sudaaah jangan mikiriin . terus cabe mahalll.. mendingan ayoo ngomongin sarapan. Sarapan…  kalo orang Jawa bilang sarapan/nyarap, sarapan itu dari kata sarap, sarap kalo dalam bahasa jawa itu dasar, nah jadi sarapan itu bisa di artiken dengan makan untuk dasar, Maksudnya untuk mengisi perut di pagi hari sebagai bekal untuk beraktifitas sampai siang hari.

Apakah sarapan itu penting.. Sarapan pagi itu banyak memberikan manfaat yang tidak bisa anda dapatkan dari makan-makan selanjutnya, misalnya makan siang dan malam. Tentu saja, aktivitas makan pagi juga bukan berarti anda bisa makan apa saja tanpa kontrol. Diet atau mengatur pola makan tetap penting, dan makan pagi yang sehat pastinya berupa menu penuh nutrisi, terutama sebagai asupan energi untuk aktivitas sehari penuh.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Harvard, dan yang melibatkan lebih dari 2800 orang, menunjukkan bahwa mereka yang rutin makan pagi memiliki resiko atau permasalahan gula darah 50% lebih rendah dari mereka yang melewatkan makan pagi. Masalah gula darah bisa menjadi pelopor diabetes dan bisa meningkatkan kadar kolesterol. Kolesterol yang tinggi meningkatkan resiko penyakit jantung.

Makan pagi sesegera mungkin setelah bangun tidur dapat membantu menstabilkan gula darah, karena sebelumnya anda tidak makan selama kurang lebih 12 jam, maka gula darah menurun hingga saat anda terbangun dan makan pagi. Jika anda memaksa tubuh anda mengalami kondisi demikian hingga waktu makan siang (melewatkan makan pagi) lalu makan siang dalam porsi besar, maka gula darah melonjak secara tiba-tiba. Jika kondisi melonjaknya gula darah semacam itu terjadi secara terus-menerus (konstan), maka dapat menyebabkan resistensi insulin, dan kemudian dapat berkembang menjadi penyakit kronis. ga mau kan.. terkena penyakit.. ini dia banyak orang yg salah.

Seperti anjuran Nabi.. juga berhentilah makan sebelum kenyang, naah sebenarnya kalo banyknya orang sakit yg di akibatkan oleh pola makan tidak sehat, kebanyakan sebenarnya bukan makananya yg tidak sehat tapi pola makannya yg tidak sekat atau berlebihan, kalo mengikuti anjuran dari Nabi pastinya akan selalau sehat,

Dulu waktu aku masih kecil.. sarapan pagi itu sesuatu yg sangat di tunggu tunggu, pada jaman saya itu, sarapan menggunakan nasi itu sesuatu yg mewah, masih banyak yang sarapan menggunakan: Oyek, Intil, Gatot, Nasi Jagung ( Nasi yg di campur jagung) dulu waktu saya kecil sering sarapan menggunakan garam dan jelantah ( Minyak bekas menggoreng) atau hanya dengan kecap manis, tapi jangan di tanya rasanya dulu itu nikmat sekali, dan habis banyak, tapi di jaman sekarang mana ada anak masa kini yg mau sarapan seperti itu.

Pembaca…? dulu pernah ga mengalami sarapan seperti itu.. kalo anak masa kini pasti tidak tapi kalo yg produk tahun 60 – 70  pasti mengalaminya:

Mau tahu menu-menu sarapan di sebagian wilayah di Indonesia… niiih :

Ketupek Gulai Nangka, Sumatra Barat

Foto 1 Sarapan Khas Indonesia

Ini dia menu lezat khas Minang buat sarapan pagi. Memang tidak mudah menemukannya di kota lain, namun kalau kamu kebetulan sedang berada di Padang dan sekitarnya, menu ini biasa dijual di warung-warung tenda. Isinya berupa nangka, ketupat, dan katupek gulai paku. Bahan utamanya tentu nangka muda dan daun pakis yang banyak di jumpai disana. Rasanya sedikit pedas dan yang pasti cukup mengenyangkan.

Nasi gurih, Aceh

Foto 2 Sarapan Khas Indonesia

Nasi gurih yang dimiliki oleh Aceh beda dengan nasi lemak yang biasa dijumpai di tempat lain karena diberi paru goreng, kuah lemak, sambal tauco, dan kelapa gongseng. Aroma khas daun pisang pun makin menggugah selera. Apalagi kalau diberi kacang goreng. Tambah mantap rasanya.

Lontong Medan, Sumatra Utara

Foto 3 Sarapan Khas Indonesia

Kalau dilihat sekilas, Lontong Medan ini mirip sekali dengan lontong Cap Gomeh yang ada di Jakata. Yang membuat beda adalah lontong Medan ditambah dengan lauk rendang, sayur nangka, kerupuk merah putih, emping goreng, dan tauco. Rasanya juga cukup pedas. Karena itulah kenapa lontong dari Medan sangat ikonik. Beda dengan lontong di daerah lain kan kebanyakan diberi lauk opor ayam.

Nasi Ulam, Betawi (Jakarta)

Foto 4 Sarapan Khas Indonesia

Nasi Ulam adalah nasi putih yang diberi taburan parutan kelapa yang disangrai hingga kering dengan rasa gurih dan pedas. Jenis sarapan ini juga diberi lalapan berupa mentimun, kemangi dan toge pendek. Rasanya makin ramai kalau ditambah dengan bakwan atau tempe goreng. Kalau kamu penggemar pedas, kamu bisa menambah kuah kacang. Pasti makin sedap rasanya.

Gudeg, Yogyakarta dan Solo

Foto 5 Sarapan Khas Indonesia

Sarapan yang satu ini pasti kamu sudah tahu ya blogger, soalnya khas banget. Isiannya bisa berupa nasi, telur, krecek, nangka muda, tahu, dan ayam kampung. Rasa pedas bisa kamu pilih dengan menambahkan sayur tempe yang diberi santan. Dengan tambahan kuah gurih, rasa gudeg ini pun makin manis dan membuat kamu bisa melanjutkan aktivitas di pagi hari.

Nasi Krawu, Gresik (Jawa Timur)

Foto 6 Sarapan Khas Indonesia

Nasi Krawu merupakan sarapan pagi khas kota Gresik berupa nasi putih yang disajikan dengan daun pisang. Dengan tambahan lauk irisan daging sapi, serundeng, dan jeroan. Rasanya maknyus banget kalau disantap dengan teh manis hangat.

Nasi Jagung, Madura (Jawa Timur)

Foto 7 Sarapan Khas Indonesia

Jawa Timur juga punya menu sarapan khas lain berupa nasi jagung yang sering disajikan di pagi hari oleh masyarakat Madura. Hidangan ini berupa nasi putih yang dicampur dengan jagung lalu diberi sayuran dan urap. Rasanya agak manis karena ada jagung pipilan. Kalau mau pedas, kamu bisa menambahkan sambal.

Katupat Kandangan, Banjar (Kalimantan Selatan)

Foto 8 Sarapan Khas Indonesia

Ini adalah salah satu santapan favorit masyarkan Banjar di pagi hari. Sajiannya memang mirip lontong sayur dengan tambahan ikan haruan, atau telur itik, dan bawang goreng. Paling pas kalau disantap pakai tangan karena kamu bisa mengurai ikan dengan lebih mudah. Kuahnya juga makin meresap sehingga menambah rasa.

Papeda, Papua

Foto 9 Sarapan Khas Indonesia

Ini dia makanan favorit masyarakat Papua. Papeda dibuat dari sagu lalu disiram dengan air panas. Dengan tambahan kuah kuning, sayur kangkung atau daun pepaya, sarapan pagi khas masyarakat timur ini bisa membuat penikmat kuliner ketagihan. Cara makannya juga unik. Kamu hanya perlu menghisap papeda lalu dikunyah.

Selain sarapan pagi khas nusantara di atas, masyarakat Indonesia juga suka dengan nasi liwet, nasi kucing, nasi pecel, lontong balap, dan ketoprak. Lalu, kamu sudah menikmati menu sarapan pagi yang mana saja, Sob… atau .. pagi ini .. sarapannya.. Pake menuu…..? ayo ceritakan.. biar para pembaca tahu menu sarapan bro & Sis apa,,,,? Oleh : HB @infodaharan

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s