Susah Tidur Ini 16 Makanan Yang Membuat Tidur Nyenyak


Beberapa jenis makanan mengandung bahan alami yang dapat membuat Anda lebih gampang terlelap. Di bawah ini adalah sejumlah pilihan terbaik untuk membantu Anda mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

Almond
Almond kaya akan magnesium, yang diperlukan untuk mendapatkan tidur berkualitas. Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Orthomolecular Medicine menemukan bahwa tubuh dengan kandungan magnesium yang terlalu rendah akan lebih sulit tertidur.

Kacang Kenari
Kenari merupakan sumber triptofan alami, yakni asam amino yang membantu produksi serotonin dan melatonin dalam tubuh. Sebagai hormon pengatur siklus tidur dan bangun manusia, serotonin dan melatonin dapat membuat kualitas tidur lebih baik. Peneliti di University of Texas juga menemukan bahwa kenari memiliki sumber melatonin sendiri sehingga mengonsumsi kacang itu dapat membuat Anda lebih mudah terlelap.

Keju dan Kraker/Biskuit Asin
Susu hangat kerap dianjurkan untuk merangsang rasa kantuk. Tetapi ternyata, tidak hanya susu hangat yang bisa memicu kantuk, melainkan segala jenis produk hasil olahan susu, seperti keju dan yogurt. Kalsium di dalam produk-produk itu membantu otak menggunakan kandungan triptofan di makanan-makanan tersebut untuk memproduksi melatonin yang memicu rasa kantuk.

Selada
Selada dalam salad untuk makan malam Anda dapat mempercepat waktu tidur karena mengandung lactucarium yang memberi efek menenangkan serupa dengan candu. Buku Stealth Health memberikan alternatif untuk mengonsumsi selada, dengan menjadikannya sebagai minuman: Didihkan 3-4 daun selada besar dalam secangkir air selama 15 menit. Angkat, tambahkan dua tangkai daun mint, dan seruput kehangatannya sebelum Anda pergi tidur.

Sereal

Menurut National Sleep Foundation, mengonsumsi semangkuk sereal favorit Anda sebelum tidur bisa membuat tidur lebih nyenyak. Hal itu disebabkan kombinasi dua komponen pemicu rasa kantuk yang Anda makan ketika mengonsumsi sereal, yakni karbohidrat (dari sereal) dan kalsium (dari susu).


Udang dan Lobster
Sumber lain yang kaya akan triptofan adalah crustacea, seperti udang atau lobster. Udang dan lobster juga merupakan makanan yang bisa membantu Anda tidur lebih nyenyak.

Kue Pretzel
Makanan seperti pretzel dan keripik jagung memiliki indeks glikemik tinggi. Lonjakan alami kadar gula darah dan insulin tubuh setelah mengonsumsinya bisa mempercepat rasa kantuk. Sebab, kadar gula darah dan insulin yang tinggi membantu triptofan masuk ke otak sehingga membuat Anda mengantuk.

Jus Ceri
Segelas jus ceri bisa membuat Anda tertidur lebih cepat, menurut para peneliti dari University of Pennsylvania dan Rochester. Ceri, terutama ceri jenis tart, secara alami meningkatkan kadar melatonin. Dalam penelitian tersebut, orang-orang yang minum jus ceri mengalami beberapa perbaikan terkait gejala insomnia yang mereka alami dibandingkan dengan mereka yang minum minuman plasebo.

Teh Chamomile
Seduhan secangkir teh chamomile bisa membantu Anda tidur. Menurut peneliti, minum teh berkaitan erat dengan peningkatan glisin, zat kimia yang membuat rileks saraf dan otot, serta bertindak seperti obat penenang ringan.

Teh Markisa
Sebuah penelitian di Australia menemukan bahwa minum secangkir teh markisa satu jam sebelum tidur membantu orang tidur lebih nyenyak. Para peneliti percaya bahwa Harman alkaloid—bahan kimia yang banyak terkandung dalam bunga—bereaksi pada sistem saraf sehingga Anda merasa kelelahan.


Tuna
Ikan seperti tuna, halibut dan salmon kaya akan vitamin B6 yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi melatonin dan serotonin. Makanan lain yang juga tinggi kandungan vitamin B6 adalah bawang putih mentah dan kacang pistachio.

Madu
Gula alami yang terkandung dalam madu meningkatkan kadar insulin sehingga memungkinkan triptofan memasuki otak lebih mudah, menurut ahli gizi Lindsey Duncan di situs DrOz.com. Sesendok madu sebelum tidur, atau mencampurnya dengan teh markisa bisa membuat tidur Anda lebih nyenyak.

Kale
Sayuran berdaun hijau seperti kubis yang kaya akan kalsium membantu otak menggunakan triptofan untuk memproduksi melatonin. Bayam dan sawi pahit (mustard green) juga bisa menjadi pilihan yang sama baiknya.

Daging Rusa
Daging ini mengandung hampir dua kali lebih banyak triptofan daripada yang terkandung pada dada kalkun. Anda akan cenderung tertidur setelah makan daging rusa, terutama ketika diselingi juga dengan karbohidrat, yang membantu triptofan mencapai otak.

Nasi
Penelitian yang dilakukan di Australia menemukan bahwa indeks glikemik beras putih yang tinggi akan mempercepat timbulnya rasa kantuk secara signifikan. American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa  hal itu terjadi terutama ketika mengkonsumsi beras putih jenis jasmine. Orang yang makan nasi jenis itu akan lebih cepat tertidur dibandingkan yang makan jenis lain.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s