Makanan Khas Cilacap Mendoan,Tahu Brontak,Lanthing


Infodaharan- Saya inget cerita dari Bunda Dinda Natasya,penyiar PASS FM Jakarta yang pernah mampir ke Cilacap dan sempat menikmati Mendoan dan sayur Kembang Gedang atau Jantung Pisang.

Emang,sebagai Kota kabupaten terluas di Jawa Tengah,Cilacap juga memiliki makanan khas seperti daerah lain di indonesia,diantaranya,Mendoan,Tahu Brontak,Pecel Kluban,Lanthing,Thepleng, Lepet,Karedok,Tahu masak,Gembusjuga sayur Kembang Gedang,dan lain-lain.Mendoan

Tapi yang cukup dikenal secara Nasional mungkin Mendoan,karena nampaknya Tempe khas Cilacap ini lebih familiar*Mendoan dibuat dari  Tempe yang sengaja dicetak tipis-tipis kemudian digoreng dengan tepung terigu atau gandum. Untuk membalutnya tepung dibuat tipis juga supaya lebih kenyal dan tempe mendoannya menjadi lentur.Lebih enak dan mantaap bila dimakan ketika hangat,disertai cabe Mendoanrawit hijau untuk di gigit bareng,istilahnya “nyigit” dalam istilah setempat.

*Tahu Brontak.dibuat dari tahu biasa,hanya saja tahu dibelah sebelum digoreng dan di selipkan sayur kobis,kecambah hijau( kacang hijau) disertai beberapa macam sayuran lain kemudian dibungkus tepung terigu lalu digoreng.di beberapa daerah mungkin disebut Tahu IsiTahu Brontak

 *Thepleng,
Adalah peyek khas Cilacap.Seperti umumnya peyek dari daerah lain,Thepleng merupakan tepung beras yang ditaburi kacang tanah,atau kedelai.ada juga yang memakai Udang kecil,atau bahkan ikan teri.bisanya disebut thepleng Urang.
Tetapi di Cilacap thepleng lebih umum ditaburi Thepleng KacangKedelai,atau Udang dan biasanya dibuat jika ada acara selamatan atau hajatan saja sebagai sajian para tamu atau oleh-oleh dari tuan rumah kepada tamu undangannya.
Thepleng tidak dibuat bundar seperti peyek pada umumnya,tetapi di buat memanjang atau terkesan asal goreng dan nyaris tanpa bentuk,tetapi inilah yang menjadi ciri khasnya yang beda dari daerah lainnya.
*Lanthing
Sebenarnya tidak hanya ada di Cilacap karena di daerah banyumas,atau Kebumen juga ada Lanthing.Makanan atau snack ini dibuat dari bahan singkong yang di Parut atau diserut,bentuknya bermacam-macam,seperti bentuk angka delapan atau dibuat seperti gelang,dan warnanya pun biasanya putih atau merah.
*Tahu Masak.Lanthing
Kalau teman-teman pernah makan
Kupat Tahu?,nah itu sebutan lain dari tahu masak
Agak mirip Gado-gado,Bumbu Tahu Masak dibuat langsung jika ada pesanan.Bumbunya adalah sambel kacang,dan racikannya terdiri dari ketupat atau lontong dengan tahu yang di iris kotak-kotak.dicampur dengan irisan Kubis dan ciri khasnya adalah Krupuk Banggi yang diremas sehingga remuk untuk ditabur diatas menu ini.Rasanya mantaap joss deh,boleh dicoba kalau sobat sempat mampir di kota cilacap
 *Sayur Kembang Gedang
Sesuai namanya,tentunya dibuat dari Kembang Gedang atau dari Jantung Pisang yang dibumbu Gulai (dalam istilah Cilacap disebut “Becek”).Sayur khas ini dibuat dengan cara jantung pisang dikupas kulit luarnya hingga tersisa yang masih ampak putih.kemudian di iris-iris untuk di masukan kedalam santan yang sedang mendidih.
 Ada juga dengan cara,jantung pisang ini dibakar dulu dengan tungku atau arang,sampai menjadi lebam atau gosong kulit luarnya sehingga menjadi empuk.
Jantung pisang yang dibakar tersebut kemudian di peras sampai menjadi remuk-remuk kemudian di oseng atau ditumis,lalu disiram santan kental supaya rasanya menjadi Guriih dan lezat.

Sebagian lagi Sayur Kembang GedangJantung pisang bakar iniJantung pisangdibumbu gulai atau bumbu daging,sehingga rasanya bertambah lezaat.

*Karedok
Konon makanan ini di adopsi dari makanan khas Jawa Barat,tetapi di Cilacap sepertinya sudah menjadi tradisi,mungkin karena Cilacap juga berbatasan dengan Jawa Barat yaitu Banjarsari Tasikmalaya.
Makanan ini sejenis gado-gado,karena terdiri dari campuran berbagai jenis sayuran,hanya saya bedanya,kalo gado-gado dibuat dari sayuran yang sudah matang,sementara karedok ini dibuat dari sayuran yang semuanya masih mentah,misalnya kacang panjang,kubis,wortel,mentimun,kecambKaredokah dan lain-lain kemudian di aduk di dalam sambel kacang.ditaburi kerupuk Banggi,atau di tambah dengan jenis makanan lain,misal tahu atau lontong,biar tambah nikmat dan ada kriuknya..(kayak iklan Mie Instant) hehehe
*Gembus
Gembus
Makanan ini dibuat dari bahan singkong yang di serut kemudian digoreng dengan bentuk menyerupai gelang,atau agak mirip-mirip donat..hehehe,
Katakanlah ini “donat jawa”,cuma lingkarannya agak lebih besar Gembus.dan ga pakai Meses hehehe
Makanan ini di Cilacap banyak ditemui terutama kalau sedang ada Hiburan, di alun-alun atau hajatan yang nanggap hiburan seperti wayang kulit misalnya,selalu ditemui pedagang Gembus ini.

*Lepet

Makanan ini dibuat dari ketan,yang dibungkus Janur kuning dengan cara di lilit-lilikan sedemikian rupa dan di ikat kedua ujungnya dengan tali bambu,sehingga bentuknya menjadi unik.
Beberapa daerah juga memiliki makanan sejenis ini,ada yang berisi pisang atau bahan lainnya,
dan di Cilacap,Lepet ini biasanya dibuat untuk acara $ Bulanan atau Tujuh Bulanan Wanita yang sedang hamil. Lepet dibuat sebagai makanan sajian para tamu yang diundang selamatan.
Ada mitos,kalau Lepetnya asin berarti bayi yang dikandung laki-laki atu sebaliknya jika tak berasa,berarti sang bayi adalah perempuan,nah kalu ga asin Lepetga hambar truss bayinya apa yah…hahahah.
Ada lagi,mengenai Lepet ini,sebuah Band Balada Rock  luar negeri Nazareth menyanyikannya dalam sebuah lagu berjudul “Love Hurt”,,hahahahhaaha.
Itulah sekelumit Catatan tentang beberapa makanan khas di kota Cilacap yang saya rangkum di Kategori Ceplas-Ceplos kali ini.Semoga mengingatkan kita akan kekayaan kuliner Dalam negeri kita yang perlu di lestarikan dari serbuan makanan luar negeri semacam Donat dan Humberger
DIKUTIT DARI BLOG : http://kuliner-tina.blogspot.com/
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s